Dinamika Bullying Disekolah: Faktor Penyebab,Dampak Psikologis, dan Strategi Intervensi serta Analisis Secara Bibliometrik Mengenai Tren, Jenis, dan Visualisasi Konsep

Authors

  • Adrian Syahratan Naafi’un Universitas Mataram Author

Keywords:

Bullying, Studi Literatur, Analisis Bibliometrik

Abstract

Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan berulang oleh individu atau kelompok untuk menyakiti, merendahkan, atau mengintimidasi korban. Masalah ini menjadi perhatian serius karena dampaknya terhadap kesehatan mental dan emosional siswa. Penelitian menunjukkan bahwa penyebab bullying beragam, termasuk dinamika sosial, tekanan teman sebaya, ketidakcocokan pribadi, dan pengaruh lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan analisis bibliometrik dengan bantuan software Vosviewer, serta data dari Scopus. Pendekatan kualitatif deskriptif diterapkan untuk mengeksplorasi faktor penyebab, dampak psikologis, dan strategi intervensi yang efektif. Hasilnya menunjukkan bahwa ketidakseimbangan kekuasaan, ketidakmampuan mengelola konflik, dan kurangnya pengawasan sekolah menjadi pemicu utama bullying.Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya dukungan sosial dan konseling bagi korban, serta pendekatan pendidikan yang holistik untuk menciptakan lingkungan sekolah inklusif. Dengan memahami faktor-faktor ini, pendidik dapat merancang strategi intervensi yang lebih efektif dalam mengurangi kasus bullying. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pendidikan dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua siswa.

Downloads

Published

2025-09-08