Optimalisasi Model Pembelajaran Learning Community Berbasis Lesson Study Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif
Keywords:
Komunitas Belajar, Studi Pembelajaran, Berfikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk ide baru atau mengembangkan kombinasi dari beberapa ide menjadi ide baru untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Proses penelitian ini akan digunakan pada jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini diadakan pada bulan September 2022 tepatnya semester I Tahun Ajran 2022/2023. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus dua sesi I dengan dua sesi pertama, dan siklus satu sesi II dengan sesi kedua siklus. Hasil dari Penelitian ini siklus 1 pertemuan 1 memperoleh Nilai yang mencapai KKM >85 sebanyak 10 orang sedangkan nilai < 85 sebanyak 12 ini berati tanggapan siswa meningkat dengan rata-rata sebesar 68,75 dengan presentase 55% siswa memperoleh nilai ditas 85.Skor rata-rata kelas sebesar 69,89, hingga 65% siswa memperoleh nilai tuntas. Dapat dikaitkan berfikir kreatif dalam menjawab dan memberikan argument mengani kegiatan dikelas dengan berupa rata – rata 87,5 kelas terjadinya peningkatan sebesar 87% kemudian sebanyak 28 siswa prempuan 15 dan laki-laki 2 mendapat nilai tuntas dengan nilai 95%. Dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Delvia Safitri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
