Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Sains: Tinjauan Sistematis
Keywords:
keterampilan berpikir kritis, pendidikan sains, model pembelajaran, bibliometrikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tren penelitian mengenai keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran sains berdasarkan model pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah PRISMA dengan analisis bibliometrik menggunakan aplikasi VOS Viewer. Data artikel diperoleh dengan menggunakan kata kunci "critical thinking skills" DAN "education". Objek kajian dalam penelitian ini adalah 3.226 artikel dari jurnal internasional yang terindeks Scopus dalam lima tahun terakhir (2019–2023). Seleksi dilakukan dengan menyesuaikan judul, abstrak, bidang ilmu, dan konteks tujuan penelitian, yaitu yang berkaitan dengan tinjauan model pembelajaran, sehingga diperoleh hasil seleksi akhir sebanyak 56 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah model Problem Based Learning (PBL). Namun, terdapat juga model lain yang digunakan seperti model blended learning, model inkuiri, model Flipped Classroom, model Discovery Learning, dan model Project Based Learning (PjBL).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Maryam Ulfa, Heru Kuswanto, Kuncoro Asih Nugroho, Nurdiyanti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
