Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis
Keywords:
Siswa Sekolah Dasar, Membaca Pemahaman, Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi sistematis menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) guna memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai analisis keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan berdasarkan tahun publikasi, jenjang pendidikan, tingkat kelas, indeksasi jurnal internasional Scopus, serta topik penelitian yang relevan seperti “kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar”. Metode yang digunakan mengacu pada protokol PRISMA, yang mencakup tiga tahapan: identifikasi, penyaringan, dan inklusi. Hasil studi menunjukkan bahwa tren publikasi terkait keterampilan membaca pemahaman mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir (2019–2023), dengan jumlah artikel tertinggi pada tahun 2023 sebanyak 764 artikel. Berbagai studi menekankan pentingnya pengembangan kemampuan membaca pemahaman sejak dini sebagai fondasi keberhasilan akademik. Selain itu, ditemukan perhatian yang besar terhadap penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan tersebut. Studi ini merekomendasikan perlunya penelitian lanjutan mengenai teori harapan-nilai (expectancy-value theory), khususnya melalui studi kualitatif mendalam pada populasi multikultural serta penelitian eksperimental untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 May Yati, Djoko Saryono, Anang Santoso, Ade Eka Anggraini, Toton Nusantara, Hamidah binti Mat (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
